Minggu, 01 Juni 2014

Layanan Informasi Budidaya Jamur di SEAMEO BIOTROP


Indonesia dikenal sebagai negara penghasil jamur konsumsi yang sangat beragam. Keberagaman ini adalah aset yang sangat potensial untuk dikembangkan. Jamur konsumsi yang paling banyak dibudidayakan adalah jamur tiram, jamur kuping, jamur merang dan jamur shiitake. Jenis jamur tersebut banyak dibudidayakan untuk bahan makanan dan sayuran. Selain dikonsumsi dalam bentuk masakan beberapa jenis jamur dapat dikonsumsi dalam keadan mentah dan segar, baik dalam campuran salad maupun lalapan. Bahkan dapat diolah menjadi keripik, nuget, permen jeli hingga puding jamur.


Jamur memiliki kandungan gizi yang tinggi, misalnya jamur tiram mengandung berbagai macam asam amino essensial, protein, lemak, mineral dan vitamin. Hal ini menyebabkan permintaan masyarakat akan jamur tersebut semakin meningkat dan menimbulkan peluang usaha budidaya jamur yang menguntungkan. Bila ditinjau dari aspek biologinya, jamur tiram lebih mudah dibudidayakan. Selain itu masa produksi yang cepat, tidak memerlukan modal dan lahan yang terlalu luas, menyebabkan usaha budidaya jamur tiram banyak diminati masyarakat.
 
Budidaya jamur yang menguntungkan akan memerlukan ketersediaan bibit jamur yang unggul dan berkualitas baik. Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan bibit jamur berkualitas, Product Development and Services Department, SEAMEO BIOTROP, telah membuat unit budidaya jamur. SEAMEO BIOTROP adalah Pusat Regional Asia Tenggara untuk penelitian bidang Biologi Tropika. SEAMEO BIOTROP berlokasi di Jl. Raya Tajur Km 6 Bogor, Jawa Barat.  Product Development and Services Department, adalah salah satu departemen di SEAMEO BIOTROP yang bertugas untuk memberikan pelayanan jasa analisa dan pengembangan produk-produk biologi dari hasil-hasil penelitian di SEAMEO BIOTROP.


Unit budidaya jamur, SEAMEO BIOTROP bertugas untuk memberikan pelayanan informasi budidaya dan penyediaan bibit jamur berkualitas bagi masyarakat yang berminat untuk membuat usaha budidaya jamur. Program dari unit budidaya jamur yang dilaksanakan saat ini adalah

1.     Membuat percontohan budidaya jamur, mulai dari pembuatan bibit, pemeliharaan dan produksi jamur di kumbung, pemanenan, dan pengolahan jamur.

2.     Memberikan informasi pada masyarakat yang berkunjung ke SEAMEO BIOTROP tentang budidaya jamur.

3.     Menyediakan bibit jamur mulai dari F0, F1, F2, F3 (baglog) yang berkualitas dengan harga terjangkau.

4.     Menyediakan pelatihan bagi masyarakat yang berminat untuk mempelajari usaha budidaya jamur.


Unit budidaya jamur di SEAMEO BIOTROP, saat ini telah membuat percontohan budidaya jamur tiram dan jamur kuping karena kedua jenis jamur ini paling banyak diminati oleh masyarakat. 

Informasi lebih lanjut hubungi:
Samsul A. Yani (HP 08129079245, email: samsul@biotrop.org)
Erina Sulistiani (HP 08129601934, email: esulistiani@biotrop.org)
Sugih Mukti (HP 085716983887)
Alamat di:
SEAMEO BIOTROP
Product Development and Services Department
Jl. Raya Tajur Km. 6, Tel/Fax: (0251) 8357175, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar